IKLAN

SAMPAH DI KOLONG JALAN TOL, PEMKOT KOTA DEPOK KE MANA?

 



Kota Depok, IndonesiaNews.My.id (9-10-2021) - Tidak sekali dua kali, sampah di Kota Depok bertebaran. Jika diperhatikan lebih jeli, banyak titik (spot) sampah, yang praktis tidak ditangani serius. Beberapa waktu lalu, sampah menumpuk di saluran drainase di wilayah Harjamukti, Kota Depok. Sampah yang sama terpantau menumpuk di Kolong Jalan Tol Wilayah Harjamukti.

Diketahui bersama, sampah yang menumpuk berpotensi menimbulkan bau tidak sedap, pemandangan kota yang tidak rapi, juga bisa memicu munculnya bibit penyakit. 

Ahmad Munir, dari Komunitas Peduli Air melihat fenomena sampah bertebaran di Kota Depok, pertama disebabkan karena faktor manajemen dan sistem pengelolaan sampah, yang belum terkoordinasi dengan baik. Jika dilihat dari sisi ini, maka pemerintah kota Depok yang paling bertanggung jawab, menyiapkan sistem dan manajemen pengelolaan sampah yang paling efektif dan terpadu. Sedangkan, faktor kedua, dari sisi masyarakat. Sampah yang menumpuk di bawah kolong jalan tol, menunjukkan rendahnya masyarakat, memahami pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan masyarakat yang buruk, ini bisa karena faktor sosialisasi yang kurang, namun bisa juga karena fasilitas pembuangan yang tidak memadai.

Munir menghimbau agar pemerintah bekerja keras dan fokus menangani permasalahan sampah. “Ini standar paling minim, untuk melihat pemerintah kota serius tidak manata kotanya. Kota yang bersih dan rapi tentu menjadi dampaan semua warga kota.” Tutur Munir (RED)

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu